Saturday, June 9, 2012

PERMAINAN KECIL LOMPAT KUBUR

Permainan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan tempat pemakaman. Ini hanyalah salah satu bentuk permainan menyenangkan bagi anak-anak dalam membantu proses pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar.

Peraturan permainan :
  1. Permainan terdiri atas 2 regu.
  2. Jumlah siswa dalam satu regu tidak dibatasi.
  3. Usahakan jumlah kedua regu sama banyak.
  4. Tiap siswa dari masing-masing regu saling berhadapan dalam posisi duduk selonjor dengan ujung kedua kaki saling bersentuhan.
  5. Antara pasangan yang duduk satu dengan yang lain berilah jarak satu lengan tapi tetap dalam posisi lurus dengan semua pasangan dalam tim.
  6. Berikan nomor pada siswa sesuai dengan urutan tempat ia duduk beserta siswa yang berada dihadapannya: 1,2,3,4.5,6,7,8,9,10, dan seterusnya.
  7. Siswa yang duduk saling berhadapan mempunyai nomor yang sama. Artinya setiap dua siswa memiliki satu nomor yang sama.
  8. Permainan dimulai ketika guru memberikan aba-aba misalnya "satu" maka siswa yang bernomor satu dan pasangannya harus berlari melewati sela-sela kaki siswa lain dalam barisannya sendiri'.
  9. Siswa yang berlari hanya boleh melewati kaki teman dalam barisannya saja.
  10. Pemenang dalam permainan ini adalah siswa yang berhasil melewati kaki teman-temannya dan kembali ketempat semula ia duduk sebelum berlari.
  11. Bagi siswa yang kalah ia harus menerima hukuman.
  12. Hukuman tergantung dari guru atau kesepakatan siswa. misalnya saja hukumannya dapat berupa memijat teman yang telah mengalahkannya sebanyak dua puluh pijatan.
silahkan lihat video permainan "lompat kubur" dengan mengeklik tautan di bawah ini:

VIDEO PERMAINAN LOMPAT KUBUR

No comments:

Post a Comment